Tujuan

Tujuan dari praktikum kali ini adalah,

Untuk mengetahui cara/metode yang benar pembuatan medium untuk perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster).


Rumusan Masalah

Berdasarkan tujuan di atas, rumusan masalah dalam praktikum kali ini adalah:

Bagaimana metode yang benar dalam pembuatan medium untuk perkembangbiakan lalat buah Drosophila melanogaster.

Alat dan Bahan

Alat Bahan

  1. Beaker glass atau gelas aqua 1. Buah pisang sanggar
  2. Pisau 2. Tape singkong
  3. Pengaduk 3. Aquades
  4. Panci dan Kompor 4. Gula jawa (gula merah)
  5. Spatula
  6. Plastik
  7. Timbangan analitik
  8. Blender

Prosedur Kerja

1. Kupaslah pisang bersihkan pisang dari serat-serat kulit

2. Cucilah pisang tersebut, tali potong-potong kecil-kecil taruh di Beaker glass

3. lalu bersihkan juga tape singkong dari serat sumbu tape taruh di Beaker glass

4. Setelah semua dibersihkan, timbanglah pisang dan tape singkong tersebut dengan perbandingan 7 : 3 atau 700 gram : 300 gram.

5. setelah ditimbang, pisang dan tape singkong tersebut masukan kedalam blender yang sebelumnya juga ditambahkan dengan air secukupnya dan gula merah 100 gram yang sudah di parut halus, lalu blender sampai halus.

6. Kemudian setelah di blender masukan semua bahan tersebut kedalam panci, dan masak sampai matang dan berbau harum. (Dalam proses pemasakan diharap kan dilakukan pengadukkan sampai matang)

7. Setelah matang bahan tersebut dinginkan beberapa menit lalu masukkan plastic atau wadah taruh di lemari es.

Pembahasan

Praktikum isolasi DNA dilakukan bertujuan untuk mengetahui pembuatan medium untuk perkembangbiakan lalat buah Drosophila melanogaster. Buah yang digunakan dalam proses pembuatan adalah pisang sedangkan bahan lain yaitu tape singkong dan gula merah. Sebelum proses pembuatan medium terlebih dahulu kita bersihkan buah pisang dari serat kulit dan tape dari serat sumbu nya agar dalam proses penghalusan melalui blender menghasilkan bahan pisang dan tape dapat halus. Penambahan air secukupnya dan gula merah pada proses pemblenderan agar tidak terlalu kental dan agar medium terasa manis karena medium ini di gunakan sebagai makanan lalat buah (Drosophila melanogaster) pada saat perkembangbiakan.

Dalam proses pemasakan (perebusan) bahan-bahan yang telah selesai di blender, bahan-bahan tersebut dimasak sampai matang betul agar medium dapat bertahan lama, dan pada saat proses pemasakan dilakukan pengadukkan terus menerus agar bahan-bahan tersebut matang secara merata. Setelah dilakukan proses pemasakan bahan-bahan tersebut didinginkan beberapa menit lalu masukan kedalam lemari es agar saat pemakaian tidak tumbuh jamur. Perlu kita ketahui pembuatan medium ini sebagai makanan lalat buah saat perkembangbiakannya dan pembuatan nya harus benar agar dapat bertahan lama.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan di atas adalah:

Dalam perkembangbiakan lalat buah (Drosophila melanogaster) proses pembuatan medium sebagai bahan makanan sangat dibutuhkan, dapat dilakukan dengan buah pisang, dan tape serta gula merah melalui tahap-tahap proses yang telah ada. Dalam proses pembuatan medium tersebut di lakukan dengan ketentuan sepeti diatas agar mendapatkan hasil yang baik.

|
This entry was posted on 07.03 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: